Rumah Hantu Darmo

Gambar

 

Gambar oleh Dave Freddy di Flickr

Sebuah urban legend paling tersohor di Surabaya, Rumah hantu Darmo. Berbagai kisah mistis mengiringi keberadaan rumah yang terletak di perumahan elite Darmo di kawasan Surabaya bagian barat ini, tepatnya di jalan Raya Puncak Permai.

Bagi beberapa sumber bahkan mengatakan, tak hanya sebuah rumah hantu di Darmo saja yang memiliki misteri, menurut mereka hampir semua dari perumahan itu adalah tempat yang angker dikarenakan merupakan tempat pembuangan makhluk-makhluk halus dari berbagai penjuru dikota ini.

Menurut legenda, kejadian-kejadian ganjil diseputar rumah ini berawal dari kejadian pada tahun 1980an. Pernah terjadi pembunuhan sekeluarga yang terdiri dari suami istri dan ketiga orang anaknya. Bahkan, untuk beberapa lama garis polisi masih sempat menutupi rumah ini. Namun dari beberapa sumber juga ada yang mengatakan, bahwa terbunuhnya keluarga itu dikarenakan adanya perjanjian dan semacam pesugihan dengan jin.

Sejak itu, rumor hantu berkembang disekitarnya. Mulai dari seseorang yang terdengar menangis di malam hari dari dalam rumah itu, munculnya penampakan seorang wanita yang kerap menggoda pemakai jalan yang lewat disana, sampai tumbuhnya sebuah pohon besar didepan rumah yang tidak dapat ditebang sehingga akhirnya membuat rumah tersebut susah terjual, lalu kemudian ditinggalkan kosong begitu saja.

Seorang pengendara motor yang pernah lewat sana menceritakan pengalamannya. Ketika lewat situ dia tak sengaja melihat dari arah samping tiang kanan dilantai 2, dia langsung terkejut ketakutan mendapati sesosok wanita berwujud kuntilanak dengan mata merah menatapnya. “Kita kayak bertatap muka langsung…” menurutnya mimik wajah kuntilanak itu seperti marah. Dia dan teman-temannya yang ada pada saat itu juga segera meninggalkan tempat itu. Sampai sekarang mimik kemarahan dan mata merah milik kuntilanak tersebut, masih membuatnya merinding jika mengingatnya kembali.

Seorang pemuda juga pernah merasakan hal mistis ketika mencoba uji nyali di Rumah Darmo ini. Ketika itu dia bersama saudara dan teman-temannya masuk dan merekam menggunakan camcorder di dalam rumah ini. Tak berapa lama, saudara pemuda ini kerasukan dan mengatakan hal-hal yang tak jelas. Tak berapa lama, penampakan sosok kakek-kakek muncul di hadapan mereka. Entah bagaimana, kakek itu menghilang dan saudaranya kembali sadar. Namun ada satu hal yang menurutnya bukti yang paling meyakinkan bahwa rumah itu berhantu yaitu rekaman camcorder mereka menangkap sosok kakek itu.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s