Mak Sumay

 

Gambar

Mak Sumay adalah urban legend dari daerah Sumatera, Indonesia. Mak Sumay digambarkan sebagai seorang wanita tua renta yang suka menculik anak kecil yang masih berada di luar rumah ketika malam tiba.

Di pulau Sumatera, legenda Mak Sumay sudah menakut-nakuti anak kecil sejak lama. Konon, ketika Mak Sumay ingin menculik seorang anak, maka dia akan berubah wujud menjadi salah satu dari anggota keluarganya – orangtua, saudara.

Selama menyamar menjadi salah satu anggota keluarganya, Mak Sumay akan mengajak anak kecil yang masih di luar rumah untuk pulang ke rumah keluarganya. Anak kecil yang menjadi korbannya akan ikut dengan sendirinya karena menganggap Mak Sumay adalah keluarga yang dikenalnya.

Setibanya di rumah, anak kecil ini akan diberi makanan. Makanan yang diberikan biasanya adalah makanan yang disukai anak itu. Dan segera setelah anak itu memakan hidangan yang diberikan Mak Sumay, maka dia akan disayangi oleh wanita tua jahat itu.

Namun sesungguhnya, anak kecil itu tidak dibawa pulang ke rumahnya melainkan ke hutan atau pegunungan di mana tempat Mak Sumay tinggal. Makanan yang diberikan juga bukan kesukaan anak kecil seperti yang dilihatnya tapi hanyalah cacing, kecoa, dan serangga-serangga lainnya. Mak Sumay hanya mengecoh anak itu agar dia mau ikut bersamanya. Dan jika anak itu selesai melahapnya, maka dia akan tinggal selamanya bersama Mak Sumay – menjadi cucu untuk diasuhnya, dan tidak akan pulang lagi ke keluarga yang sebenarnya.

Advertisements

2 thoughts on “Mak Sumay

  1. Saya dari sumatra, cerita mak suamay sebebarnya setahu saya dari bengkulu dan sebagian sumatra selatan. dulu kecil saya juga ditakuti dengan nenek saya. Saya mau nambahin min selama cerita nenek saya mak sumay tidak bisa sempurna menyerupai manusia. Mak sumay bisa di ciri2kan dengan tidak mempunyai bolongan di bibir atas seperti manusia layaknya, tumit dan jari2 kaki terblik (tumit di depan, jari2 di belakang).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s