Pac-Man

Gambar

Pac-Man adalah sebuah permainan video-game produksi Namco – perusahaan video-game dari Jepang, yang diluncurkan pada tanggal 22 Mei 1980. Karakter utama dari permainan ini adalah Pac-Man, sebuah bulatan kuning dengan sepasang mata dan sebuah mulut yang memakan beberapa titik (pac-dots atau pellets) pada lintasan yang tersedia.

Pada prosesnya, permainan yang juga memiliki karakter antagonis yaitu berupa empat musuh bernama Blinky, Pinky, Inky, dan Clyde ini menjadi video-game yang amat disenangi di seluruh dunia. Namun, dasar dari pembuatan video-game terkenal ini masih menyimpan sebuah misteri di belakangnya.

Pada tahun 1976, seorang astronot yang bernama Nikolai Peckmann dikirim seorang diri ke sebuah orbit ruang angkasa untuk melaksanakan Mission Six, yaitu sebuah misi untuk mempelajari tingkat radiasi dan situasi yang aneh di mana telah membunuh empat orang kru pada misi terakhirnya.

Pada hari ketiga setelah itu, transmisi Peckmann yang kacau mengabarkan kondisinya yang tengah dikuasai paranoid dan halusinasi-halusinasi. Dia mengaku bahwa keempat arwah dari kru astronot itu datang untuk menariknya, dan dia harus terus bergerak menjauhi mereka. Dia berseru bahwa jika dia bisa menangkap arwah ini dengan tangannya sendiri selagi masih memiliki tenaga, dia bisa menuju ke tingkat kesadaran yang lebih tinggi – benar-benar perkataan orang yang gila.

Dan memang benar pada rekaman videonya yang ditemukan kemudian, menunjukkan Peckmann berlari di sebuah stasiun yang terkurung – seperti sebuah labirin dan mencari obat penenang layaknya seorang yang tak waras. Berhenti di sebuah sudut beberapa saat, hanya untuk melempar kembali pil-pil vitamin lalu kemudian mengejar hantu-hantu yang tak kasat mata. Dia telah membuang seluruh vitamin-vitamin, pil-pil, dan buah-buahan untuknya semasa bertugas di sana, sehingga tak ada kru yang bisa menolongnya sebelum akhirnya dia kelaparan.

Setelah sebuah guncangan transmisi yang hebat, sinyal kemudian menjadi jelas dan pada gambar rekaman yang terakhir menunjukkan hanya pakaian ruang angkasa Peckmann yang kosong dan lepek tergeletak di lantai kabinnya.

Kejadian ini kemudian membuat pihak antariksawan memutuskan menutup dan tidak melakukan misi yang lain lagi untuk memperbaiki kerugian ini karena hal itu hanya akan membuang uang negara. Karena itu, kegagalan ini tidak pernah diumumkan. Mereka kemudian diperintahkan untuk memusnahkan seluruh rekaman video dan catatan-catatan tentang semua itu.

Lalu, di awal tahun 1980an, sebuah perusahaan video-game kecil bernama Namco tanpa sengaja menemukan catatan laporan kejadian ini, dan sisanya – seperti yang mereka bilang – hanyalah sejarah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s