Love Affair

Gambar

Ini terjadi kepada bibiku ketika dia tinggal di sebuah apartemen di Tokyo. Bibiku masih belajar untuk menjadi seorang penjahit ketika itu dan saat dia pulang ke rumah selalu lewat tengah malam. Blok apartemennya adalah sebuah gedung tua, dibangun dengan tangga kayu dan besi diluarnya dimana berisik sekali ketika bibiku menggunakannya untuk naik ke atas ruangannya di lantai dua.

Ada sebuah ruangan di lantai dasar tepat di samping tangga besi itu, dan melalui jendelanya bibiku sering melihat, – ketika dia sedang dalam perjalanan ke ruangannya, sebuah siluet wanita muda dengan rambut yang dikepang. Wanita muda itu selalu tampak sibuk memasak dan melakukan pekerjaan rumah tak peduli jam sudah selarut itu.

Setahun setengah telah berlalu dan kehidupan bibiku masih tetap tidak berubah. Dia masih sering pulang telat malam dan melihat bayangan wanita muda itu melalui jendela yang sama, mendengar suara berisik dari sana, walaupun dia tidak pernah melihat langsung wanita muda itu.

Suatu waktu bibiku terlambat membayar sewa apartemennya, dan tuan rumah datang ke ruangannya untuk menagih.
Mereka bercakap-cakap sebentar, dan saat itu tanpa sengaja bibiku menyinggung tentang “wanita muda di lantai dasar.” Segera setelah kata-kata itu keluar dari mulutnya dia menyadari wajah tuan rumahnya sudah pucat. Dia kemudian meninggalkan bibiku disana seraya berlari menjauh, melupakan tujuan kedatangan sebenarnya.

Beberapa waktu kemudian bibiku berkesempatan untuk mendengarkan penjelasan yang lengkap dari tuan rumah itu. Dia mengatakan bahwa wanita muda yang bibiku lihat itu kemungkinan adalah hantu dari seorang wanita yang memutuskan bunuh diri, setelah dia memiliki hubungan gelap dengan pria berkeluarga dan berakhir dengan sangat buruk. Ruangan yang berada di lantai dasar itu, katanya, sudah kosong selama bertahun-tahun. Kekasih wanita itu sering mengunjunginya setelah lewat tengah malam jadi dia suka menyiapkan makanan untuknya sekitar waktu-waktu itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s