Geunteut

Gambar

Geunteut adalah sebuah sebutan dari masyarakat di Aceh untuk makhluk gaib yang hidup di tengah-tengah masyarakat di jaman dahulu. Katanya sosok Geunteut ini suka menculik anak-anak yang keluar rumah saat langit sudah gelap.

Menurut legendanya, Geunteut adalah makhluk mengerikan dengan wujudnya yang hitam dan tinggi mencapai beberapa meter. Perawakannya yang kurus dengan kaki-kaki yang jenjang juga diceritakan membuatnya mampu berjalan dengan cepat. Geunteut suka mengendap-endap di balik semak belukar dan rumpun tanaman bambu.

Konon, anak-anak yang diculik oleh Geunteut akan merasa berjalan di jalur yang sangat nyaman untuk dilewati – seperti melayang. Namun, ketika sadar mereka akan menemukan dirinya berada di suatu tempat yang tidak dikenalnya. Tak lama kemudian, anak itu akan merasakan rambutnya diraba-raba oleh jari-jari kurus yang mengerikan. Jari-jari itu kemudian akan menggenggam sejumput rambut anak itu untuk mengangkatnya dari tanah dan membawanya ke suatu tempat – biasanya di tengah-tengah hutan bambu atau di atas pohon. Menurut legendanya, anak-anak yang menjadi korban penculikan akan dimakan hidup-hidup oleh makhluk gaib tersebut.

Ada sebuah mitos mengenai Geunteut yang biasa diceritakan oleh orang-orang tua jaman dulu pada anaknya. Mitos itu berbunyi “Kalau berjalan malam-malam, sering-seringlah menyentuh rambutmu. Geunteut biasa menculik anak-anak dengan menarik rambutnya.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s