Duguak

Duguak adalah urban legend yang berasal dari tanah Sumatera, Indonesia. Konon Duguak merupakan makhluk jahat yang menghuni sungai-sungai yang ada di Sumatera. Duguak juga sering disebut hantu air oleh masyarakat sekitar.

Gambar

Sebagian masyarakat Sumatera terutama anak-anaknya, sangat takut untuk berendam di sungai-sungai yang ada di sana. Hal ini dikarenakan sebuah legenda yang diceritakan secara turun-temurun tentang Duguak, makhluk jahat yang sering menenggelamkan orang-orang yang sedang berendam di sungainya.

Menurut legendanya, Duguak menghuni sungai di Sumatera dan tinggal di dalam ‘lubuak’ – sebutan untuk sebuah lubang yang sangat dalam dan berada di dasar sungai. Ketika ada orang yang berbendam dalam sungai, Duguak akan menjerat kaki orang itu menggunakan rambutnya yang panjang lalu menyeretnya masuk ke dalam lubuak. Setelah beberapa hari di dalam lubuak, jasad orang itu akan muncul di permukaan sungai – mengambang, hingga ditemukan oleh masyarakat sekitar.

Legenda ini sangat menakutkan bagi anak-anak yang ingin berenang di sungai, sehingga kebanyakan dari mereka hanya berendam di tepi-tepi sungai yang dangkal dan tidak berani ke daerah yang dalam.

Tahun 2009, di kota Manna, Bengkulu, Sumatera Selatan, orang-orang menemukan sesosok makhluk di sebuah sungai. Makhluk misterius itu bertubuh ular berukuran kecil dan berkepala manusia dengan rambut panjang yang berwarna kuning keemasan. Masyarakat kemudian meyakini sosok itu sebagai wujud hantu air atau Duguak.

Advertisements

One thought on “Duguak

  1. Di daerah gue di Jemenang kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Ada juga urban lejen tentang duguak bahkan adik kelas gue pas sd juga udah ada yg jadi korban min..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s