Video Games

Gambar

Video games merupakan permainan yang sangat digemari di seluruh dunia. Baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa memainkan permainan di layar kaca ini di mana pun. Permainan ini sangat mengasikkan bahkan dapat membuat orang ketagihan.

Namun, kesenangan yang didapat dari video games ini juga dapat berakibat fatal apabila kau memainkannya berlebihan. Dunia games bagi pemainnya kadang kala menjadi lebih penting dan berharga dari pada hidupnya sendiri di dunia nyata.

Berzerk adalah sebuah permainan video game yang sangat terkenal di tahun 1980an. Permainan ini dibuat oleh Andrew McNeill – masih dengan mesin yang membutuhkan koin untuk memainkannya – setelah mengalami sebuah mimpi buruk, di mana dia terjebak dalam sebuah dimensi video dan memaksa dirinya untuk melawan para robot. Nama permainan yang dibuatnya diambil dari buku yang berjudul “The Berzerker Stories”, yang menceritakan tentang para robot yang menggila dan membunuh semua orang.

Gambar

Dalam permainan, kau akan memainkan game ini sebagai seorang manusia kecil di dalam sebuah labirin bersama robot-robot pembunuh, yang menembaki dirimu dengan senjata laser. Jika tertembak, orang yang kau mainkan akan mati. Jika menyentuh robot itu, juga mati. Dan jika menyentuh dinding dari labirin tersebut, kau juga akan mati. Musuh besar dari permainan ini adalah sebuah wajah dengan senyuman yang bernama Evil Otto yang akan keluar entah dari mana dan mencoba menghancurkan dirimu. Evil Otto adalah sosok yang istimewa karena tidak ada jalan lain untuk membunuhnya.

Berzerk juga salah satu dari video games yang menggunakan suara. Ketika kau mulai memainkannya, sebuah suara akan keluar mengatakan “Coins detected in the pocket!” (“Koin terdeteksi di kantongmu!”). Selama permainan, Evil Otto kemudian berteriak “Intruder Alert! Intruder Alert! The humanoid must not escape! Kill It!” (“Ada penyusup! Ada penyusup! Manusia tidak dapat melarikan diri! Bunuh!”).

Namun, yang tidak diketahui oleh Andrew adalah video game yang dibuatnya ini nantinya akan benar-benar merenggut nyawa manusia. Berzerk adalah video game pertama dalam sejarah yang membuat orang yang memainkannya terbunuh. Di Januari 1981, Jeff Dailey orang pertama yang menjadi korban video games. Saat itu pemuda berusia 19 tahun tersebut meninggal akibat serangan jantung yang hebat setelah mampu memenangkan skor tertinggi dengan nilai 16.660 di game Berzerk.

April 1982, pemuda berusia 18 tahun Peter Burkowski datang ke stasiun video games Friar Tuck’s Room di Calumet City, Illinois, Amerika Serikat. Dia langsung menuju ke sebuah mesin video game, memasukkan koin ke dalam slotnya dan mulai memainkan Berzerk. Setelah 15 menit bermain, dia mendapatkan namanya di sepuluh besar papan skor. Tak lama kemudian, dia tiba-tiba terjatuh dan tewas akibat serangan jantung.

Evil Otto melihatnya dari layar kaca, dengan senyuman lebar di wajahnya.

Bertahun-tahun kemudian, video games sangat pesat perkembangannya. Dari yang dulunya hanya dapat dimainkan di sebuah mesin dengan sebuah koin dimasukkan di slotnya untuk memainkannya, kini permainan di layar kaca itu sudah bisa dimainkan melalui mesin-mesin kecil yang bisa ditempatkan di mana pun, telepon-telepon genggam juga memasukkan teknologi ini, stasiun-stasiun permainan khusus online – dengan sambungan internet – juga semakin menjamur di tiap sudut perkotaan.

Seorang pria dewasa berusia 33 tahun dari Cina meninggal setelah bertahan selama 27 hari memainkan game online kesukaannya. Dia bermain tanpa henti selama 650 jam. Selama itu dia hampir tidak minum atau tidur dan hanya memakan mi ramen instan. Dia kemudian dinyatakan tewas akibat gagal jantung dan salah asupan makanan.

Anna-Lee Kehoe, seorang gadis berusia 13 tahun memainkan mesin game Xbox 360-nya dan mulai menggumamkan “Ibu, saya tidak bisa bernafas.” Dia kemudian tewas akibat serangan jantung yang parah hingga mengakibatkan otak kirinya tak berfungsi serta beberapa indera pendukungnya. Anna-Lee menjadi salah satu korban termuda dalam sejarah yang berkaitan dengan video game. Anna-Lee pengidap asma dan dokter yang menanganinya berpendapat bahwa mungkin serangan asma ini yang membuatnya mendapatkan serangan jantung di usia yang masih muda.

Seorang pria berkewarganegaraan Korea bernama Lee Seung Seop meninggal di tahun 2005 setelah memainkan Starcraft. Dia kehilangan pekerjaan dan juga kekasihnya karena hanya menghabiskan lebih banyak waktunya untuk memainkan permainan ini. Setelah 50 jam memainkannya, Lee memberitahu temannya akan berhenti bermain dan pulang ke rumah. Tak lama setelah menutup matanya, Lee terjatuh dari kursinya. Dia meninggal karena gagal jantung yang disebabkan oleh dehidrasi dan kelelahan.

Gambar

Tahun 2007, seorang pria 26 tahun bernama Zhang dari Cina tewas akibat serangan jantung setelah seminggu tanpa henti memainkan game online selama libur nasional. Zhang orang yang sangat ketergantungan dengan internet dan beratnya 330 pon namun tidak pernah melakukan olahraga.

Tahun 2012, seorang pemain game dari Taiwan berusia 18 tahun bernama Chuang tewas setelah memainkan Diablo III selama 40 jam berturut-turut. Dia berada di sebuah kafe internet saat larut malam. Ketika itu dia dibangunkan oleh seorang pelayan, dia bangkit berdiri, namun ketika mengambil beberapa langkah, dia kemudian terjatuh dan tak sadarkan diri. Tidak ada penyebab kematian ditemukan saat itu, dan polisi yang memeriksanya hanya menyimpulkan penyebabnya karena kelelahan.

Gambar

Chris Staniforth dari Inggris menderita penyakit gumpalan darah. Setelah memainkan Halo selama 12 jam tanpa istirahat, darahnya lalu berhenti mengalir dari kaki hingga jantungnya. Membunuh dirinya seketika.

Gambar

Mungkin masih banyak kejadian-kejadian lain yang belum tercatat, namun hal ini bisa menjadi peringatan akan bahaya dari video games. Beberapa orang sangat terobsesi memainkan karakter dalam game kesukaannya hingga menyatu dengan dirinya, namun apa yang paling penting adalah hidup anda sendiri karena itu adalah games yang sebenarnya. Selamat bermain!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s