Lawang Sewu

Gambar

Lawang Sewu merupakan sebuah gedung di Semarang, Jawa Tengah yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau biasa dikenal dengan nama NIS. Gedung ini kini selain sebagai tempat wisata sejarah juga sering dijadikan sebagai tempat untuk menguji keberanian atau dengan kata lain wisata mistis. Konon gedung ini memang terkenal akan keangkerannya.

Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907, Lawang Sewu berada di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein. Masyarakat setempat menyebutnya ‘lawang sewu’ yang berarti ‘seribu pintu’ karena bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak sehingga masyarakat menganggapnya begitu. Meski kenyataannya pintu yang ada tidak sampai seribu. Bangunan ini juga memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu -yang dalam bahasa setempat ‘lawang’.

Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini setelah kemerdekaan Republik Indonesia dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau yang sekarang menjadi PT. Kereta Api Indonesia. Selain itu bangunan bersejarah ini pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (KODAM IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah.

Pada masa perjuangan gedung ini memiliki catatan sejarah tersendiri yaitu ketika berlangsung peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang (14 Oktober 1945 – 19 Oktober 1945), gedung tua ini menjadi lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang. Maka dari itu pemerintah kota Semarang dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor 650/50/1992, memasukkan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di kota Semarang yang patut dilindungi.

Namun ketenaran Lawang Sewu diantara masyarakat perkotaan bukan berasal dari cerita sejarahnya, melainkan dari cerita mistis yang kuat yang tersimpan rapat di tiap sudut dan ruangan di dalam gedung yang memiliki banyak pintu ini. Bahkan Lawang Sewu kini sudah menjadi ikon mistis di Jawa Tengah.

Lawang Sewu dipercaya oleh sebagian orang banyak ditinggali hantu-hantu Belanda dan Jepang. Hantu-hantu yang sering dibicarakan warga sekitar adalah arwah para tentara Belanda dan Jepang yang konon masing-masing punya daerah kekuasaannya sendiri-sendiri didalam gedung yang besar ini.

Di pintu depan paling barat bangunan tua itu dipercaya dikuasai oleh sosok hantu tentara Belanda. Disana kerap muncul sosok penampakan hantu berpakaian seragam serdadu lengkap dengan membawa senjata laras panjang seolah-olah sedang berjaga disana.

Lain lagi di salah satu ruangan yang berada paling depan yang ditengarai dulunya menjadi pos penjagaan tentara Nipon, di sekitar tempat itu dikuasai oleh sosok hantu yang berwujud serdadu Jepang. Namun, menurut cerita yang berkembang makhluk halus ditempat ini terlihat bengis dan kejam. Kumisnya panjang melintang dan kemana-mana selalu terlihat membawa sebilah pedang samurai yang panjang.

Selain hantu tentara Jepang, sosok hantu perempuan juga ada dilaporkan oleh beberapa pengunjung yang pernah masuk ke dalam. Dari dalam gedung tersebut sering kali terdengar jeritan-jeritan suara perempuan yang diperkirakan jeritan itu berasal dari jerit noni-noni Belanda. Bahkan, setiap kali muncul jeritan pasti diikuti suara derap langkah sepatu laras tentara Belanda dan Jepang. Seolah arwah mereka kompak, namun suara jeritan itu di yakini sebagai suara noni Belanda yang dinamakan Van Halen yang ketakutan ketika melihat aksi pembantaian Jepang terhadap tentara-tentara Belanda.

Konon, banyak tentara Belanda yang tewas disembelih tentara Jepang. Sehingga suara jeritan itu kadang disusul jeritan tentara Belanda yang kesakitan. Namun, dari sekian banyaknya makhluk halus yang ‘menjaga’ gedung Lawang Sewu tersebut, menurut beberapa paranormal asal Semarang tidak akan mengganggu masyarakat apabila nekat masuk ke sana.

Walau ada perkataan demikian, tidak serta-merta menenangkan sebagian pengunjung yang mendatangi Lawang Sewu dari berbagai daerah lain. Cerita-cerita seram tetap bermunculan seputar gedung tua tersebut. Sebuah cerita seru datang dari seseorang yang menceritakan pengalaman bersama teman-temannya ketika mengunjungi Lawang Sewu. Ketika berada disana seolah merasa dikejar-kejar oleh sosok makhluk halus yang berada disana, mereka yang ketakutan lalu lari tidak terkecuali pengantar mereka.

“Bagi orang-orang yang memiliki indera ke enam, pasti akan merasakan seperti lagi melewati orang-orang yang berdansa ketika tiba di ruang dansa dalam gedung tersebut”. kata salah seorang pengunjung yang lain.

Tidak hanya itu saja, sebuah program uji nyali yang dimiliki salah satu stasiun televisi swasta yang berada di Indonesia pernah melakukan proses syuting di Lawang Sewu ini. Kabarnya, ketika melakuakan itu peserata uji nyali yang sudah dipersiapkan merasakan adanya penampakan-penampakan di sekitar mereka. Konon, peserta itu mengalami stress selama bertahun-tahun setelah itu.

Noni Belanda yang juga menghantui tempat itu sering dilaporkan mengikuti orang-orang yang mengunjungi tempat ini dari belakang mereka. Menurut orang yang bisa ‘melihat’ atau memiliki indera ke-enam, hantu noni-noni Belanda disana adalah hantu yang paling kuat di Lawang Sewu dan wujudnya sangat cantik.

Ruang bawah tanah juga dilaporkan beberapa orang sering terlihat penampakan korban-korban perang dahulu diikuti oleh bau tak sedap dengan perasaan yang tak mengenakkan. Cerita-cerita kehilangan atau ada yang hilang sejak pergi mengunjungi Lawang Sewu juga membuat bulu kudukku kita berdiri mendengarnya.

Bagi sebagian yang telah mendengar cerita-cerita seram juga kadang tidak menyurutkan rasa penasaran mereka tentang tempat ini. Mereka malah bersemangat ingin mengunjunginya demi merasakan pengalaman-pengalaman yang tidak biasa mereka alami. Bisa dikatakan Lawang Sewu bukan hanya tempat wisata bersejarah namun juga tempat wisata mistis yang menakutkan yang ada di Indonesia. Kadang karena hal ini ada yang menyebutkan Lawang Sewu tidak hanya memiliki arti seribu pintu tapi juga seribu hantu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s