Tol Cipularang

Gambar

Jalan Tol Cipularang –singkatan dari Cikampek-Purwakarta-Padalarang, adalah jalan tol di Indonesia yang menghubungkan kota Jakarta dan Bandung. Jalan tol ini selesai di bangun pada akhir bulan April 2005. Tol ini membentang dari Cikampek, Purwakarta, sampai Padalarang. Jalan ini berada di pegunungan sehingga jalannya naik turun dan juga mempunyai banyak jembatan panjang dan tinggi.

Sejak dibuka pada April 2005, telah 2 kali terjadi peristiwa amblasnya jalan, salah satunya di KM91,6 (kilometer 91,6). Setelah kejadian itu, truk dan trailer tidak boleh masuk Jalan Tol Cipularang. Salah satu fenomena di tol Cipularang adalah di KM97 (kilometer 97) yang memang menurut beberapa orang merupakan tempat angker, karena itu dibangunlah sebuah daerah peristrahatan dengan tempat ibadah untuk mengusir makhluk halus yang berkeliaran di sekitar KM97.

Banyaknya jalan tol ini memakan korban juga menambah misteri dan cerita-cerita mistis mengenainya, beberapa cerita merujuk pada awal pembangunan jalan tol tersebut yang mungkin telah terjadi kesalahan yang menyinggung para makhluk halus yang ada disekitar situ.

Dari cerita-cerita yang beredar, sewaktu pembangunan dilaksanakan pihak pengembang tidak melakukan ritual sesaji atau semacamnya untuk mendoakan dan meminta ‘ijin’ kepada makhluk halus yang ada disitu. Puncaknya ketika dibuka April 2005, warga percaya peristiwa amblasnya salah satu ruas jalan disana dengan beberapa kecelakaan terjadi sepanjang jalan tersebut merupakan bukti keangkeran daerah itu.

Juli 2011 dikabarkan ada 2 perwira TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang tewas meninggal di ruas jalan tersebut karena suatu kecelakaan. September 2011, istri seorang penyanyi tewas meninggal akibat tabrakan terhadap mobil yang ditumpanginya ketika melewati jalan tol Cipularang. Berita terakhir sontak mengangkat kembali keangkeran jalan ini, ditambah desas-desus keberadaan foto setelah tabrakan yang menggambarkan adanya penampakan hantu wanita yang terlihat samar-samar di dalam mobil tersebut. Selang 4 hari dari kejadian itu, 6 warga asal Kebumen, Jawa Tengah yang hendak mengadu nasib ke Jakarta tewas seketika akibat mobil yang mereka tumpangi menabrak truk yang berada di depannya.

Jalan Tol Cipularang, juga berada di sekitar Gunung Hejo, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Jalan ini diyakini angker dan maka itu dikenal sebagai Jalur Tengkorak. Bagi sebagian warga lokal, mendengar nama Gunung Hejo mungkin sudah tak asing. Masyarakat Purwakarta memang mengenal Gunung Hejo sebagai daerah ritual pemujaan.
Mitos Gunung Hejo merupakan daerah angker sudah melegenda sejak dulu. Bahkan saat pembangunan Tol Purbaleunyi-kini Tol Cipularang, di ruas KM90 sampai KM97 menyimpan cerita-cerita aneh yanga tak bisa diterima akal sehat dari para pekerja yang dulunya bekerja disitu. Beberapa dari mereka, katanya ada yang dipindahkan makhluk halus saat tertidur lelap ke dekat sungai yang ada di situ. Yang lain ada yang tidur dan mendadak menangis terisak-isak, bahkan ada juga yang sampai kesurupan.

Suatu cerita mistis juga keluar dari fakta yang menunjukkan jalan tol itu dibangun dengan melingkari Gunung Hejo, tidak dengan menembus gunung tersebut. Konon, saat proyek pembangunan ini dimulai, pihak pembangun sudah berusaha menembus Gunung Hejo untuk mempersingkat jalan dan juga memperkecil biaya. Namun walau dengan peralatan canggih yang dimiliki, tak sanggup menembus dan memotong gunung yang selama ini dijadikan pertapaan sebagian orang dari luar Kabupaten Purwakarta yang menuntut pesugihan karena ingin kaya.

Tak sedikit buruh bangunan tewas saat proyek itu berjalan. Cara kematiannya pun bermacam-macam, ada yang terjatuh dari kendaraan berat, ada juga yang terlindas saat tertidur setelah salah satu kendaraan mendadak jalan sendiri. Tak hanya itu, kuli-kuli bangunan juga sempat melihat sosok dua bocah gundul berlari-lari diatas pancang mobil derek.

Beberapa kesaksian lain juga dikabarkan dari beberapa orang yang pernah melewati jalan tersebut. Salah satunya dari vokalis grup band musik terkenal, “Waktu itu aku bersama istri mau balik ke Bandung. Nah, saat itulah aku melihat ada bayangan hitam di atas billboard.” kisahnya ketika melintas di jalan Tol Cipularang di KM97.

Seorang artis yang ngetop di tahun 1990-an juga sering pulang-pergi dari Bandung-Jakarta untuk urusan syuting. Suatu malam di tahun 2009, sepulang syuting dari Bandung, mobil sedan yang dikemudikannya tiba-tiba bergoyang terkena hempasan angin yang besar. Mendadak dari arah belakang sebuah mobil truk menyalakan lampu berkali-kali, seolah meminta jalan. Hanya dalam hitungan detik truk itu menghilang dari pandangannya. Sekali lagi dia terkejut, “Di kejauhan, aku seperti melihat sosok wanita berkerudung hendak menyeberang jalan.” dalam pikirannya dia merasa sosok itu sangat aneh. “Untungnya aku ingat pesan guru ngajiku, kalau mengalami kejadian aneh lebih baik berhenti dan berdoa. Maka aku pun langsung menghentikan mobil di pinggir tol. Berdoa berkali-kali dan sosok misterius itu pun hilang.” tutupnya.

Menurut Jaya Sukaya, Kuncen Gunung Hejo merupakan tempat Patilasan Kasuhunan Prabu Siliwangi. “Cerita orang tua dulu bahwa Prabu Siliwangi menjadikan Gunung Hejo sebagai tempat kompromi.”. Namun dia tak mengatakan dengan siapa Prabu Siliwangi berkompromi, apakah dengan pasukan atau makhluk lainnya. Kuncen itu hanya tidak bisa bercerita lebih lanjut.

Diatas Gunung Hejo terdapat sebuah tempat yang dianggap keramat. Tempat ziarah itu merupakan bangunan berbentuk makam. Namun menurutnya, bangunan tersebut bukanlah makam tapi tempat patilasan. “Bangunan mirip makam itu merupakan kebaikan orang Sumedang yang berhasil berziarah ke sini.” kata Kuncen Gunung Hejo itu.

Tempat patilasan Prabu Siliwangi itu merupakan puser dayeuh berupa seonggok batu yang menutup lubang yang sangat dalam. Mitosnya, Gunung Hejo ini menjadi angker karena kerap meminta tumbal. Keangkeran Gunung Hejo pun kian menjadi mitos masyarakat seiring dengan banyaknya kecelakaan yang mendampingi sejarahnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s