La Pascualita

La Pascualita atau Pascuala Kecil adalah sebuah manekin pengantin yang ‘hidup’ dalam sebuah etalase toko di kota Chihuahua, Mexico sejak 75 tahun yang lalu. Ini merupakan urban legend yang ada di Mexico.

Gambar

Merupakan waktu yang lama untuk sebuah toko gaun pengantin untuk mempertahankan sebuah manekin yang tua, jika bukan memiliki sejarah yang aneh dibelakangnya. Menurut urban legend-nya, La Pascualita sama sekali bukanlah sebuah boneka, tapi merupakan mayat seorang anak perempuan dari pemilik toko tersebut yang sangat terjaga dengan baik.

Selama bertahun-tahun, cerita dari La Pascualita sudah terdengar dari beberapa pengunjung, termasuk media-media pers, dari seluruh Mexico hingga Chihuahua. Kini, orang-orang dari Amerika Selatan, Amerika Serikat dan Eropa juga berdatangan untuk melihat mayat pengantin tersebut. Orang-orang menutup mulut dan hidungnya seraya memandangi kaca jendela toko itu, memperhatikan boneka itu, dan mencoba mengetahui dengan jelas apakah itu nyata atau bukan. Mereka terperangah oleh tatapan yang mempesona dan bentuk yang sangat nyata. Kebanyakan orang mengatakan bahwa itu adalah benar-benar dia.

La Pascualita pertama kali diletakkan di etalase itu pada tanggal 25 Maret 1930, dengan mengenakan gaun pengantin musim semi. Orang-orang kemudian tak bisa melepaskan pandangannya dari La Pascualita, manekin dengan mata yang berbinar-binar, helai rambut yang nyata, dan warna kulit yang mempesona.

Segera, mereka menyadari bahwa manekin itu sangat mirip dengan pemilik toko itu, Pascuala Esparza. Tidak butuh waktu yang lama bagi mereka untuk menyimpulkan bahwa boneka itu merupakan putri pemilik toko yang sudah dibalsem. Mereka juga mengatakan bahwa anak perempuan Pascuala itu meninggal tepat di hari pernikahannya oleh sebuah gigitan laba-laba beracun Black Widow, mayatnya akhirnya diawetkan bersama gaun pengantin yang melekat ditubuhnya. Nama La Pascualita juga diambil dari nama Pascuala, yang berarti Pascuala Kecil.

Esparza awalnya bersikeras untuk menepis kabar tersebut, namun warga Chihuahua terlanjur percaya dengan rumor itu. Rumor itu makin meluas dan nama La Pascualita kian melekat pada manekin misterius tersebut.

Cerita-cerita menyeramkan juga mengiringi keberadaan La Pascualita. Mereka mengatakan pada malam harinya, manekin pengantin itu akan hidup dan berganti posisi. Ada juga yang mengatakan bahwa matanya kerap mengikuti orang-orang yang melintas di dalam toko pengantin tersebut.

“Setiap kali saya di dekat Pascualita, tangan saya langsung keringat dingin. Tangannya sangat nyata, dia bahkan memiliki varises di kakinya. Saya percaya dia benar-benar seorang manusia.” ungkap Sonia Burciaga, sang penjaga kedai.

Ada yang percaya, namun ada pula yang tidak percaya. Salah satunya adalah sebuah situs yang bernama The Museum of Hoaxes mengatakan bahwa manekin itu hanyalah boneka biasa, karena mustahil mengawetkan mayat manusia dengan begitu sempurna. Kulitnya pun tetap mulus walau sudah berada puluhan tahun disitu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s