Ghoul

Gambar

Ghoul adalah iblis atau setan yang biasa diceritakan di berbagai negara – terutama di negara-negara Arab. Ghoul juga biasa disebut sebagai salah satu makhluk dari bangsa jin.

Ghoul merupakan sesosok makhluk jahat yang biasa berkeliaran di pemakaman dan memakan manusia. Ghoul digambarkan memiliki wajah yang beringas, bermata merah menyeramkan, dengan gigi-gigi yang besar dan tajam. Selain itu, Ghoul mampu mengubah wujudnya menjadi binatang apa saja, biasanya wujud paling disukainya adalah seekor hyena.

Menurut legendanya, Ghoul sering menjelma menjadi binatang apa saja untuk mengelabui orang-orang untuk mengikutinya ke suatu tempat. Biasanya Ghoul tinggal di tempat-tempat yang terpencil atau bangunan-bangunan tua yang terbengkalai. Ketika seseorang terpancing untuk mengikutinya ke tempat itu, maka Ghoul akan menampakkan wujud aslinya dan memangsa orang itu.

Konon Ghoul sangat suka dengan daging anak-anak, dia juga meminum darah manusia, atau mayat-mayat yang ada di kuburan. Ghoul juga diceritakan sangat suka mencuri koin-koin berharga. Ketika sudah memakan manusia, Ghoul kemudian akan bisa berubah wujud seperti manusia yang terakhir di makannya.

Di negara-negara Arab, Ghoul hadir di berbagai dongeng dan cerita rakyat. Banyak yang menggambarkannya sebagai makhluk jahat sebangsa Jin yang suka menyamar menjadi manusia. Sebagian lagi menggambarkannya sebagai makhluk gaib pencuri mayat yang ada di kuburan.

Di dunia modern, istilah Ghoul biasa disematkan untuk orang-orang yang serakah dan orang-orang yang suka hal-hal yang mengerikan, atau berbuat hal yang negatif di kuburan seperti penggali makam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s