(Bukan) Rumah Hantu

Dalam banyak kasus rumah berhantu selalu dikait-kaitkan dengan rumah tua atau rumah yang terbengkalai. Orang-orang yang percaya dengan takhyul atau hal-hal supranatural tentu akan mempercayai konsep hantu dalam rumah itu. Namun, bagi orang skeptis tentu akan menjawab fenomena-fenomena aneh yang terjadi pada sebuah rumah karena rumah itu sudah tua, sehingga mengeluarkan bunyi atau suara yang aneh – beberapa diikuti dengan penampakan – yang menggangu penghuni rumah tersebut. Berikut hal-hal di dalam dan di luar rumah yang mungkin bisa menjelaskan kejadian-kejadian paranormal yang terjadi.

Gambar

Atap Rumah

Tiap rumah pasti memiliki atap, namun bagi rumah tua atap juga bisa menyebabkan suara-suara yang aneh. Terlebih bila atapnya terbuat dari kayu, atau di saat malam yang dingin, di mana atap itu bisa mengeluarkan bunyi-bunyi saat tertiup angin atau bentuknya mulai berubah. Ketika itu terjadi biasanya akan terdengar seperti suara ketukan, langkah-langkah kaki, atau bunya deritan.

 

Tikus

Rumah tua juga tak luput dengan binatang pengerat yang bernama Tikus. Hama yang satu ini kerap menghuni rumah-rumah tua sebagai sarang dan mencari makanan. Menggerogoti kayu-kayunya, atau berjalan di sepanjang tembok, serta berdecit-decit kecil. Suara Tikus ini biasanya terdengar seperti langkah-langkah kaki di tembok, atau bisikan-bisikan kecil.

 

Ruang Langit-langit 

Biasanya sebuah rumah memiliki ruangan yang cukup besar di langit-langitnya. Ruangan ini tak jarang ditinggalkan kosong, lembab, dan juga tidak memiliki penerangan yang cukup. Situasi semacam itu tentunya membuat ruangan ini sering diliputi kegelapan, dan di saat seseorang memasuki ruangan itu penglihatan yang mereka miliki jadi terbatas – benda-benda tak bergerak bisa jadi sesuatu yang menakutkan. Sebuah mantel di atas kursi sering terlihat seperti seseorang, atau kain-kain pel yang tergantung terlihat seperti sosok tinggi yang memperhatikan dari kegelapan di ujung mata. Ini juga sering terjadi bagi rumah tua yang memiliki gudang atau ruang bawah tanah.

 

Kelistrikan

Sekarang sebuah rumah pasti memiliki sambungan listrik yang digunakan untuk penerangan, atau untuk menyalakan peralatan-peralatan elektrik lainnya. Komponen kelistrikan yang mulai rusak, seperti kabel-kabel yang tidak terurus, sambungan yang jelek, dan arus listrik yang tidak stabil bisa menyebabkan peralatan menyala dan mati dengan sendirinya.

 

Ventilasi 

Ventilasi atau saluran udara dalam sebuah rumah sering mengalirkan udara di sekeliling rumah. Angin yang masuk bisa terdengar seperti gumaman manusia, kadang terdengar seperti sebuah jeritan, ratapan, atau tangisan yang mendayu-dayu. Benda yang tertiup angin juga sering disalahartikan sebagai peristiwa poltergeist, ketika posisinya berubah. Penampakan-penampakan atau gambaran yang menakutkan juga bisa muncul akibat cahaya yang masuk dari ventilasi tersebut.

 

Saluran Air

Pipa-pipa air yang mulai retak dalam sebuah rumah tua bisa saja terdengar seperti hantaman, ketukan, atau suara-suara aneh yang terdengar dari kejauhan. Kran air yang jelek juga bisa menimbulkan suara-suara ketukan atau langkah kaki, ketika air perlahan menetes dari krannya.

 

Pemanas Ruangan

Bagi rumah-rumah yang memiliki pemanas ruangan, suara-suara dari pemanas itu biasa terdengar seperti raungan, atau geraman. Tidak jarang pemanas ruangan itu juga mengeluarkan bau yang tidak enak.

 

Struktur Bangunan 

Struktur bangunan yang salah bisa saja mengeluarkan suara tegukan entah dari mana, pintu yang terbuka sendiri, atau kayu yang berderit, ketika ada udara yang mengalir di dalamnya. Ruangan yang lebih dingin dari ruangan lainnya atau biasa disebut dengan cold spot, juga bisa disebabkan oleh struktur bangunan yang berbeda.

 

Penghuni Rumah

Pada beberapa kasus, penghuni rumah itu sendiri bisa menyebabkan rumahnya dikatakan berhantu. Cerita-cerita palsu sebagai alasan pindah rumah ke tempat yang lebih baik, atau sekedar iseng menakut-nakuti orang yang mendengarnya. Terakhir, adalah orang-orang yang mempercayai keberadaan makhluk halus itu sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s