Boneka Annabelle

Gambar

Di tahun 1970an sebuah kejadian mengerikan terjadi di sebuah apartemen kecil, yang ditempati oleh dua siswi keperawatan. Kedua siswi ini merasakan beberapa kejadian aneh, seperti penampakan tangan yang aneh sedang menulis pesan di atas kertas, barang-barang berpindah dan mimpi-mimpi buruk selama tinggal di dalamnya. Kejadian mengerikan itu sampai pada puncaknya ketika seseorang dari mereka diserang oleh cakar yang terbakar dan penuh darah, melukai dada mereka.

Semua itu berawal ketika Donna, seorang siswi keperawatan, diberikan sebuah boneka Anne yang compang-camping sebagai hadiah ulangtahun dari ibunya. Boneka Kain Perca Anne (dan Andy) merupakan boneka yang sangat populer di tahun 1960 hingga 1970an, dan banyak siswi-siswi sekolah menyukainya sebagai hadiah.

Boneka itu diletakkan di atas ranjangnya sebagai hiasan, dan tidak pernah terasa mengganggu oleh Donna atau teman sekamarnya Angle. Tapi tak lama, kedua gadis tersebut mulai merasa ada sesuatu yang menakutkan dari boneka itu. Boneka itu hanya duduk di kamar Donna, tapi kedua gadis itu merasa seperti tengah ditatap olehnya. Waktu demi waktu berlalu perasaan aneh ini berubah menjadi ketakutan, mereka merasa seolah boneka tersebut hidup.

Dimulai dengan boneka itu tampaknya berpindah tempat di sekeliling rumah itu dengan sendirinya. Teman sekamar Donna pulang dan menemukan boneka itu di tempat yang sangat tidak diharapkannya. Awalnya, boneka itu hanya berganti posisi di ranjangnya, namun tak lama boneka itu ditemukan di luar rumah.

Sebagian besar waktu kedua gadis itu tiba di rumah, mereka menemukan boneka itu telah duduk dengan kaki menyilang di atas tempat duduk, tempat yang paling sering mereka berdua menghabiskan waktunya. Donna pikir mungkin teman sekamarnya yang telah mengerjainya, jadi pagi-pagi sekali sebelum masuk kelas, dia mengambil boneka itu dari ranjangnya dan menempatkannya di atas tempat duduk. Tapi ketika dia pulang sendirian sebelum Angle tiba, dia menemukan boneka itu telah kembali di atas ranjang.

Hal yang paling aneh dan tidak dapat dijelaskan adalah bagaimana boneka itu bisa ditemukan berdiri dan bersandar pada sebuah kursi. Hal ini sangat mengejutkan kedua gadis itu, karena mereka tahu bahwa kaki boneka itu lemah untuk bisa berdiri di atas kakinya sendiri.

Sekitar sebulan kemudian, kejadian aneh lainnya mulai terjadi.

Donna dan Angle tidak hanya menemukan boneka itu berpindah setibanya di rumah, tapi juga beberapa lembar perkamen berisi pesan singkat di atasnya dengan goresan seperti milik anak kecil. Pesan itu tertulis seperti “Tolong”, “Tolong kami”, dan “Tolong Lou”.

Tidak hanya pesan itu yang mengusik mereka, tapi juga sumber kertas tersebut. Tidak satu pun dari mereka pernah menyimpan kertas perkamen seperti itu dalam rumah.

Donna kemudian menghubungi seorang paranormal, yang bisa berhubungan dengan makhluk halus dan dunia gaib. Paranormal itu kemudian membuat kontak dengan arwah seorang gadis kecil bernama Annabelle Higgins. Katanya, Annebelle pernah tinggal di sebuah rumah dekat dengan tanah di mana kompleks apartemen ini dibangun. Annabelle masih berusia tujuh tahun ketika jasadnya ditemukan di tengah lapangan di mana apartemen Donna berdiri.

Arwah Annabelle telah tinggal dalam kompleks ini selama beberapa tahun, tapi ketika Donna dan Angle pindah ke dalamnya, dia menyukai mereka dan tinggal bersama mereka setelah menemukan boneka yang cocok sebagai perwujudannya.

Donna kemudian mengijinkan Annabelle untuk tinggal dengannya, selama dia berhenti untuk menakut-nakuti mereka.

Donna, Angle, dan paranormal senang dengan persetujuan ini, tapi teman mereka Lou tidak. Lou merasa boneka ini bermaksud jahat dan harus diusir. Ketika dia tinggal di apartemen tersebut, dia mengalami mimpi yang jelas-jelas memperlihatkan Annabelle menyerangnya.

Suatu petang Lou dan Angle sedang duduk di berandanya, membaca peta untuk menyiapkan sebuah perjalanan selama beberapa hari ke depan. Mereka kemudian terkejut oleh suara berisik yang keluar dari kamar Donna. Khawatir itu adalah perampok, Lou mengendap-endap mendekati pintu kamar tersebut kemudian menerobos masuk untuk menciduk sang penyusup.

Tidak seorang pun ditemukan, kecuali Annabelle, yang lagi-lagi bergerak sendiri. Kali ini dia hanya jatuh ke lantai, seolah kehidupan telah meninggalkannya. Lou berjalan mendekati boneka itu untuk memeriksanya, tapi kemudian memergoki seseorang tengah berdiri di belakangnya. Dia berbalik untuk melihat, berharap itu Angle, namun mendadak merasakan dadanya seolah terbakar.

Lou melarikan diri keluar dari ruangan itu ke tempat lebih aman, lalu membuka pakaiannya di ruang tamu. Angle dan dirinya kemudian terperanjat setelah melihat tujuh bekas cakaran ditemukan di dadanya, berdarah dan hangus – tiga cakaran vertikal, dan empat horisontal. Luka itu perlahan-lahan mengeluarkan darah, namun rasa terbakar paling dirasakannya.

Sesuatu yang tak kasat mata telah menyerangnya.

Donna kemudian percaya bahwa boneka itu telah dikuasai oleh roh jahat, dan sekali lagi pergi mencari pertolongan. Pertolongan itu datang dalam sosok Ed dan Lorraine Warren, orang yang telah menangani sejumlah kasus yang berkaitan dengan arwah kegelapan dan energi negatif, termasuk kasus Amityville.

Tidak membutuhkan waktu yang lama bagi mereka untuk memastikan bahwa sesungguhnya boneka itu tidak dikuasai oleh roh jahat, melainkan hanya digunakan untuk memberi peringatan seolah kuasa jahat tengah menguasainya. Makhluk jahat dalam peristiwa ini tidak mampu untuk menguasai boneka itu, mereka membutuhkan tubuh manusia. Namun karena belum waktunya, boneka itu hanya digunakan untuk memperdaya gadis-gadis ini agar percaya dengan arwah yang berpura-pura baik kepada mereka.

Pada dasarnya, arwah jahat ini hanya menempel pada boneka ini, namun sesungguhnya mereka menginginkan lebih, dan ritual yang diadakan Donna beberapa waktu yang lalu, seolah memberi arwah itu kuasa atas rumah mereka ketika Donna mempersilahkannya tinggal.

Kelihatannya kejadian yang menimpa Lou, hanyalah upaya untuk menarik perhatian dan simpati, termasuk menuliskan namanya melalui tulisan tangan itu, di mana nama Lou banyak tertera di sana. Mimpi-mimpi, cakaran dan bekas terbakar adalah tanda dari arwah jahat itu untuk menguasai tubuh manusia.

Sebuah ritual pengusiran roh jahat lalu diadakan dalam apartemen tersebut, dan The Warren akhirnya berhasil serta membawa boneka itu bersama mereka. Donna, Angle, dan Lou kini telah terbebas dari teror roh jahat itu namun masih memberi mereka trauma selama beberapa bulan lamanya.

Boneka Annabelle, kini tersimpan dalam sebuah kotak kaca di The Warren Occult Museum, Monroe, Connecticut, Amerika Serikat dengan sebuah tanda “Warning : Positively Do Not Open”. Kehadiran roh jahat masih dapat terasa melekat pada boneka itu – bagi orang-orang yang memiliki kemampuan, namun mengapa makhluk itu masih menempel pada boneka itu?

Entah apa maksudnya, mungkin tengah menunggu orang yang tepat – yang mengunjungi museum itu – sebagai tempat persinggahannya yang berikut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s